Rabu, 01 Juli 2015



Keunggulan dan Perkembangan Jurusan Fisioterapi

Keunggulan : Fisioterapi merupakan profesi di bidang kesehatan. Menempuh pendidikan resmi selama 3 tahun untuk Diploma Fisioterapi dan 4 tahun (atau lebih) untuk gelar sarjana sains terapan Fisioterapi. Seseorang yang lulus dari akademi/fakultas fisioterapi akan menyandang gelar profesi Fisioterapis dan mempunyai kewenangan untuk melakukan aktifitas atau pekerjaan di bidang Fisioterapi.
Fisioterapi mempunyai ruang lingkup pekerjaan yang luas, mulai dari preventif, promotif, kuratif dan rehabilitatif. Tidak ada batasan usia dan jenis kelamin yang dapat ditangani oleh Fisioterapi. Jadi nantinya pekerjaan Fisioterapis tidak hanya di rumah sakit saja. Fisioterapis juga bisa menjadi seorang fitness instruktur yang handal, Fisioterapis bisa menjadi dosen atau tenaga pengajar, Fisioterapis bisa bekerja di spa atau wellness center, Fisioterapis menjadi bagian tak terpisahkan dari sebuah tim olahraga, klinik tumbuh kembang, sekolah kebutuhan khusus dan Fisioterapi juga dapat melakukan praktek mandiri.
Perkembangan : dulu fisioterapi terkenal dengan lulusan D3 tapi sekarang sudah ada S1 dimana hanya di UMM yang bergelar S1 dan sekarang juga sudah terakreditasi.

Keunggulan Fisioterapi dibanding prodi lain

Tri Lestari, selaku Dekan FIKES mengatakan, Prodi Fisioterapi dibuka karena merespon tingginya kebutuhan masyarakat. Fisioterapi sendiri tidak melulu dibutuhkan di rumah sakit. Akan tetapi dibutuhkan juga pada sarana-sarana yang dekat dengan masyarakat seperti sarana kebugaran. “Fisioterapi bertujuan untuk memberikan layanan komprehensif yang berbasis community kepada masyarakat,” ujarnya. Sebagai contoh, dalam praktek fisioterapi tidak melulu masyarakat yang datang ke rumah sakit. Namun, tenaga fisioterapi atau mahasiswa fisioterapi yang terjun langsung ke rumah-rumah pasien yang membutuhkan dengan tetap melibatkan kedokteran. Sehingga keuntungan yang didapat pasien diantaranya adalah mengurangi biaya rawat di rumah sakit karena pada prakteknya bisa dilakukan di mana saja termasuk di rumah. Tidak hanya menyembuhkan penyakit dengan meningkatkan fungsi gerak tubuh, lebih jauh Fisioterapi dapat mengurangi stress akibat padatnya pekerjaan atau patah hati.
Fisioterapi di UMM kuliah nya ber pusat di Rumah Sakit UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG Jl. Raya Tlogomas No. 45 Malang
BQib85fm
Kenapa saya mengambil jurusan fisioterapi? Karena diwilayah saya sendiri sangat kurang dokter/perawat yang menekuni bidang fisioterapi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar